Belajar Mikrotik Dengan Virtual Box

Berangkat dari keinginan besar untuk belajar mikrotik, tapi mendapat kendala kurangnya budget ya udah lah akhirnya saya memutuskan untuk belajar menggunakan VirtualBox yang bisa didownload di sini. setelah selesai mendownload dan menginstalnya di PC sekarang waktunya menginstal mikrotik ke virtualbox, apabila belum punya iso nya mikrotik silahkan didownload di sini dengan langkah – langkah sebagai berikut :

1. kita buka virtualbox dalam pc kita dan kita buat sebuah mesin baru di dalamnya maka akan muncul tampilan seperti ini :


2. setelah itu kita beri nama mesin yang baru kita buat di dalam VirtualBox beserta type OS yang akan kita instal di dalamnya jangan lupa klik next kalo sudah selesai :) , tampilannya adalah seperti ini :


3. kemudian kita set memory yang akan kita pakai untuk mesin virtual kita di sini saya mengesetnya pada 128 MB, berikut tampilannya :


4. kemudian kita buat boot hardisk, klik next sampe muncul tampilan setting besaran kapasitas hardisk yang mau kita set untuk mikrotik virtual kita di sini saya buat kapasitas hanya 2GB :


5. kemudian klik next dan finish sehingga akan muncul tampilan berikut:


6. klik setting untuk dan pilih setting,pilih cd/dvdroom, kemudian pilih mount cd/dvd drive dan pilih iso image file (buat mount mikrotik iso nya),terakhir klik ok


7. klik networknya,pilih adapter 1 (kalau mau lebih adapternya,kemudian aktifkan adapter 2 sampai 4),klik enable, Attached to pilih Host-only Adapter,klik ok


8. setelah selesai klik start dan kita akan menginstal mikrotiknya dalam mesin kita :


9. Instal Mikrotiknya dan kalau sudah selesai maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini :


10. kemudian set IP untuk mikrotik virtual kita dan apabila kita menginginkan mikrotik bisa di remote menggunakan winbox maka kita harus masuk ke console virtual boxnya ,masuk ke command prompt . cd “Program Files\Sun\VirtualBox” dilanjutkan dengan VBoxManage setextradata setextradata mikrotik “VBoxInternal/Devices/pcnet/0/LUN#0/Config/winbox/HostPort” 8291. yang saya bold adalah nama dari mikrotik kita jadi disesuaikan dengan nama mikrotik yang kita buat, kemudian ketikkan lagi VBoxManage setextradata mikrotikvirtual VBoxInternal/Devices/pcnet/0/LUN#0/Config/winbox/GuestPort” 8291. sebelum konek ke winbox,set dulu ip address di adapter virtualbox host only network setelah itu silahkan download winbox dan selamat bereksplorasi dengan mikrotik virtual anda…maaf kalau kurang lengkap. tidak lupa saya ucapkan terima kasih buat para master mikrotik di sini yang telah banyak membantu dalam belajar mikrotik. :D
Powered by Blogger.