Setting Mode Repeater Pada Ubiquity

Banyak diantara kita yang beranggapan kalau perangkat Ubiquity dengan AirOS tidak bisa digunakan sebagai repeater, hanya karena tidak adanya pilihan repeater pada Wireless Mode. Hal ini menyebabkan banyak pengguna (atau calon pengguna) beralih ke Akses Point yang lebih murah yang menyediakan mode repeater (misal T***nk). Sebetulnya perangkat ubiquity tetap bisa digunakan sebagai repeater, hanya saja mungkin caranya belum banyak yang mengetahuinya.

Repeater pada perangkat Ubiquity menggunakan teknologi wds yang notabene bukan merupakan standar wifi sehingga mungkin akan ada masalah jika mode wds ubiquity dihubungkan dengan wds perangkat lain. Untuk dapat menggunakan perangkat ubiquity sebagai repeater, langkahnya adalah sebagai berikut:

Setting wireless mode pada kedua AP (baik AP utama maupun repeater) sebagai Access Point WDS.
Setting SSID dan Channel pada kedua AP sama persis. Jika terdapat perbedaan channel/SSID, maka repeater tidak akan bekerja
Centang Auto di sebelah kanan Wireless mode pada kedua AP, kecuali jika anda ingin menyebutkan secara spesifik MAC AP yang boleh terhubung secara WDS pada WDS peer. (mode Auto tidak direkomendasikan bila anda mengutamakan security)

Jika perangkat Ubiquity yang hendak dihubungkan lebih dari dua, maka anda tinggal menambahkan AP berikutnya dengan setting sama dengan AP yang telah ada, tetapi ada juga yang melaporkan adanya masalah jika perangkat WDS ubiquity lebih dari dua, sehingga penggunaan perangkat lebih dari dua tidak disarankan.

Catatan:
Karena sifat WDS, throughput akan menjadi separuhnya pada klien yang konek ke repeater, dan bila repeater tersebut di-repeaterkan lagi, throughput akan dibagi dua lagi sehingga klien yang konek ke repeater ke-dua hanya akan mendapatkan throughput maksimum seperempatnya.
Penggunaan mode WDS akan menonaktifkan security WPA/WPA2, dan enkripsi yang bisa digunakan hanyalah WEP.
Jangan lupa untuk mengeset alamat IP kedua perangkat berbeda namun masih dalam satu subnet.


Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca wiki: AirOS wireless repeater configuration

Selamat mencoba
Powered by Blogger.