Indosat Bangun Data Center Tier 3 di Jatiluhur

Memenuhi kebutuhan akan data center yang semakin meningkat, Indosat meresmikan data center terbarunya di Jatiluhur, Purwakarta yang diklaim sudah menyandang kategori Tier 3.

Dikatakan demikian karena data center yang juga berperan sebagai disaster recovery center (DRC) tersebut telah ditopang oleh dua sumber listrik yang dipasok oleh PLN dan PJT2, guna memenuhi standar 2N Power Configuration. Indosat menjamin ketersediaan daya data center ini mencapai 99,9% atau fault tolerance.

Desain fasilitas DRC ketiga Indosat ini juga telah mengacu pada standar internasional untuk pembangunannya, dan akan segera disertifikasi oleh Uptime Institute yang merupakan badan sertifikasi data center internasional.

Fasilitas DRC yang berada di wilayah Jawa Barat ini terdiri dari satu bangunan utama yang tentunya diisi data center, dan satu bangunan pendukng untuk infrastruktur mekanikal dan elektrikal.

Menariknya, Indosat juga turut menyediakan working area bagi staf IT kiriman perusahaan yang ingin menangani infrastrukturnya bila terkena dampak bencana.

Lebih lanjut, melalui peresmian DRC-nya yang ketiga ini Indosat juga ingin dikenal sebagai penyedia layanan IT paling lengkap di indonesia. Jadi tak cuma sebatas dikenal sebagai perusahaan telekomunikasi.

"Selain menyediakan layanan data center dan cloud, ke depannya kami juga akan menyodorkan layanan aplikasi. Jadi nantinya kami akan dikenal sebagai penyedia layanan IT terlengkap di Indonesia," Ginandjar, Direktur DataCom & IT Lintasarta, di Fasilitas DC/DRC Jatiluhur, Purwakarta, Rabu (18/2/2015).

Untuk memuluskan rencananya itu, Indosat pun menyebut akan menggandeng partner dalam pengembanganya.

Kembali ke soal DRC ketiga Indosat, meski sudah diumumkan fasilitas belum sepenuhnya rampung. Indosat mengatakan DRC tier 3-nya ini baru akan selesai di bulan April mendatang. "Saat itu (april-red) baru kami mulai menawarkannya ke pelanggan," pungkas Ginandjar.


Penulis: Detik.com
Sumber: Detik.com
Powered by Blogger.